Minggu, 09 April 2017

Musik Klasik dan Manfaatnya

RAGAM MUSIK KLASIK DAN MANFAATNYA



Masih banyak orang yang menganggap musik itu remeh. Padahal banyak musik yang memiliki manfaat bagi tubuh kita terutama musik klasik. Musik klasik ini walaupun hanya dengan menggunakan alat musik tradisional musik ini akan terdengar merdu dan memberi ketenangan hati bagi penikmatnya.


1. Musik Klasik 
  
 Karena banyaknya musik klasik ini ada beberapa musik kelasik yang bagus buat koleksi dan bisa juga untuk dipelajari. berikut musiknya :

  • Suites for Solo Cello by Johann Sebastian Bach
  • Goldberg Variations by Johan Sebastian Bach
  • String Quarters Op. 33 by Joseph Haydn
  • Concerto for Flute and Harp by Wolfgang Amerdeus Mozart
  • Haydn String  Quartets by Wolfgang Amerdeus Mozart
  • Piano Trios by Wolfgang Amerdeus Mozart
  • Sting Quartets Op. 18 by Ludwig van Beethoven (“Early String Quartets”)
  • Clarinet Quintet in B Minor by Johannes Brahms
  • Trio for Violin, Horn and Piano by Johannes Brahms (“Horn Trio”)
  • Inventions and Sinfonias by Johann Sebastian Bach (“Two and Three-Part)
2. Manfaat Musik Klasik

1. MUSIK KLASIK POSITIF BAGI KESEHATAN

Seperti layaknya jogging santai di pagi hari dan meditasi, musik klasik juga memberikan manfaat baik bagi kesehatan fisik. Berbeda dari jenis musik lainnya, lagu-lagu klasik memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh manusia karena temponya yang lambat.
Dengan porsi yang cukup, mendengarkan musik klasik dapat menjaga vitalitas fisik dan mentalmu sehingga akan meningkatkan motivasi belajar.
2. KUALITAS TIDUR MENJADI LEBIH BAIK
Istirahat merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia, terlebih bagi kamu yang sedang dalam proses belajar. Insomnia adalah salah satu momok terbesar yang dihadapi oleh pelajar maupun mahasiswa.
Nah, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik selama 45 menit sebelum tidur, dapat membantu orang-orang yang memiliki masalah gangguan tidur.
Beberapa musik klasik yang baik untuk didengarkan sebelum tidur ialah Claire de Lune by Claude Debussy, Air on the G String by Johann Sebastian Bach dan Berceuse in D flat opus 57 by Frederic Chopin.

3.MAMPU MENAIKKAN MOOD


Salah satu kinerja musik klasik adalah meningkatkan respon fisiologis, yaitu meningkatkan aliran darah ke daerah otak, mengaktifkan pusat otonom, kognitif dan emosional. Selain itu, otak melepaskan dopamin, yakni zat kimia yang mempengaruhi suasana hati dan kemampuan untuk merasakan kenikmatan.
Sebuah study oleh Music Therapy Association menyebutkan bahwa mendengarkan lagu-lagu klasik merangsang produksi hormon endorfin atau relaksan alami otak, sehingga akan menjaga mood kamu dalam keadaan stabil.

4. EFEK ‘MOZART’


Istilah ini berasal dari percobaan yang menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan IQ, membantu dalam retensi dan belajar keterampilan pendengar.
Selain itu juga meningkatkan kemampuan penalaran spasial temporal. Kemampuan ini membantu kamu untuk belajar ilmu abstrak, membuat rencana dan berpikir ke masa depan.
Tim peneliti dari Northumbria University menemukan bahwa otak bekerja dengan lebih baik ketika diperdengarkan music Vivaldi’ Spring concerto. Para mahasiswa yang mendengarkan musik Autumn concerto dapat menjawab pertanyaan dengan lebih cepat dengan jawaban yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diarygadis Cantik Blogger Template by Ipietoon Blogger Template